Investasi Kavling Syariah

Bagi sebagian orang Islam yang memiliki dana masih bingung untuk memanfa'atkan dananya. Dana mereka banyak mengendap di bank yang akhirnya menjadi Riba yang Allah haramkan. Mereka akan mencari alternatif memanfa'atkan uang mereka untuk bisnis atau investasi. 

Bagi yang menghindari riba, mereka akan memilih investasi berbasis Syariah. Salah satunya adalah rumah syariah atau investasi kavling syariah. 


kavling syariah

Kavling Syariah Desa Ekowita Tahfidz Bogor

Investasi Kavling Syariah 


Sebelum membahas lebih jauh tentang investasi kavling syariah, kita pahami tentang kavling dan penjelasannya. 

Apa itu Kavling ? 

Tanah kavling adalah sebidang tanah yang telah di petak-petak dengan tujuan untuk dibangun rumah, villa, atau hanya sekedar dijual. 

Tanah kavling biasa juga diartikan sebagai sebidang tanah yang ukurannya jelas dimana letaknya berada di lingkungan atau perumahan. 

Ada banyak model investasi kavling yang dapat Anda pilih dalam berinvestasi. Jika anda beragama Islam pasti akan memilih investasi yang sesuai syariat agama. 

Seperti halnya dengan Kavling Syariah dimana investasi kavling dilakukan sesuai dengan syariat islam :
  • Tanpa Riba ( Silahkan baca artikel kami tentang Pengertian Riba )
  • Tanpa Sita
  • Tanpa Denda
  • Tanpa BI Checking
  • Tanpa Akad Bathil

Bagi Anda yang ingin mengetahu Contoh Riba dalam kehidupan sehari-hari, bisa membacanya di sini .

Banyak kelebihan yang dapat Anda diperoleh ketika berinvestasi kavling syariah. 

Kelebihan Investasi Kavling Syariah 

Saat seseorang ingin berinvestasi dalam hal apapun, pasti yang dipikirkan pertama kali adalah apa untungnya, apa kelebihannya? Dan ini hal yang manusiawi, hal yang wajar. Demikian juga ketika anda ditawari investasi kavling syariah, pasti langsung bertanya dalam hati apa untungnya. Kami akan menjelaskan beberapa kelebihan investasi syariah, sebagai berikut :

Capital Gain

Fakta yang setiap orang paham bahwa harga tanah terus menerus mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Kenaikan dari harga tanah memiliki persentase sekitar 20 hingga 25 persen tiap tahunnya dan akan terus meningkat dua kali lipat setelah 5 tahun ke depan. Apalagi untuk lokasi strategis yang di sekitar kavling di bangun sarana dan prasarana yang lengkap.

Investasi kavling ini terus berkembang nilainya walaupun kavling tersebut anda diamkan.



capital gain


Biaya Perawatan Kecil

Selain memiliki capital gain tinggi. Kavling atau tanah kosong tidak memerlukan biaya yang besar untuk perawatan bahkan hampir nol. Hal ini akan berbeda dengan investasi dalam bentuk properti seperti rumah, apartemen, ruko, kios, atau kantor yang harus terus menerus perlu dipelihara agar tetap terawat dan memiliki nilai jual yang tinggi. 

Sehingga untuk investasi kavling anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak di setiap tahunnya.

Memiliki Nilai Tambah

Keuntungan dari tanah kavling akan anda rasakan ketika lahan yang anda miliki tersebut dikembangkan. Banyak pengembang yang menjual kavling untuk dibangun rumah atau villa untuk disewakan. Namun, jika lahan tersebut tergolong strategis, bisa juga tanah kavling yang anda miliki dijadikan sebagai ruko.

Dengan demikian Anda dapat memiliki keuntungan tambahan. 

Jika tanah kavling dijadikan sebagai apartemen, ruko atau cluster perumahan, tentunya anda harus mengeluarkan biaya perawatan properti setiap tahunnya. Karena tidak mungkin properti dalam bentuk bangunan yang dimiliki tidak dirawat karena hal ini akan menurunkan nilai jualnya di masa depan.

Lain halnya seandainya anda investasi kavling produktif seperti Taman Tahfidz Firdaus , biaya perawatan biasanya diambil dari keuntungan tanaman atau buah yang di tanam saat telah panen. Kavling produktif pemilik tidak harus mengeluarkan biaya untuk perawatan dan pemeliharaan karena semua itu tanggung jawab dari developer.

Permintaan dan Persediaan

Jumlah penduduk atau masyarakat pada suatu wilayah akan terus mengalami pertumbuhan disetiap tahunnya. Sedangkan persediaan tanah tidak akan bertumbuh dan bertambah. Banyaknya penduduk yang bertambah dan membutuhkan lahan tinggal membuat harga tanah terus meningkat disetiap tahunnya.

Sama halnya seperti prinsip ekonomi yakni semakin banyak permintaan maka akan semakin tinggi pula penawaran yang terjadi. Setiap tahun permintaan akan lahan kosong atau tanah akan terus meningkat, sedangkan persediaan lahan semakin berkurang. 

Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa lahan tanah semakin hari semakin meningkat harganya.


Dapat Dialokasikan ke Bisnis Lain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanah kavling yang awalnya merupakan lahan atau tanah kosong dapat dialokasikan menjadi suatu bisnis yang lain. Jadi sembari menunggu waktu selama lima tahun hingga harga tanah naik dua kali lipat. 

Anda bisa memanfaatkan lahan atau tanah tersebut sebagai ruang bisnis tambahan. Misalnya saja digunakan sebagai lahan untuk berkebun sayur, lahan parkir atau taman yang bisa disewakan untuk menggelar acara pesta pernikahan dan sebagainya.

Sangat luar biasa sekali bukan nilai keuntungan yang akan anda dapatkan saat berinvestasi tanah kavling. Namun, walaupun demikian bukan berarti investasi tanah kavling ini tidak memiliki nilai minus. 

Salah satu kekurangannya adalah ketika anda menginvestasikan uang anda ke tanah kavling minimnya income yang akan didapatkan dalam jangka pendek. Anda harus menunggu waktu lebih lama untuk mendapatkan keuntungan yang besar minimal dalam kurun waktu 5 tahun.

Namun, hal tersebut tidak sebanding dengan keuntungan yang akan anda peroleh di masa yang akan datang.

Kekurangan bisnis investasi tanah kavling ini akan teratasi jika anda bisa menanganinya dengan bijak. Dengan keuntungan yang cukup menjanjikan dan menggiurkan maka sangatlah wajar jika banyak orang yang lebih tertarik memilih investasi kavling syariah dibandingkan yang lainnya. 

Tapi semua itu Anda yang menentukan sesuai kebutuhan dan perhitungan Anda.

Sebelum memilih investasi kavling syariah , hendaknya Anda memahapi tips berinvestasi di investasi ini. Tentang hal ini kami akan tulis dalam tulisan berikutnya.

Beberapa Investasi Kavling Syariah :

# Desa Ekowisata Tahfidz

Desa Ekowisata Tahfidz Bandung

# Taman Tahfidz Firdaus

Itulah informasi mengenai Investasi Kavling Syariah dan keuntungannya dari investasi tersebut. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Investasi Kavling Syariah"

Posting Komentar

Dari Abdullah bin Masud RA dari Nabi Shalallahi Alaihi Wassalam bersabda,"Riba itu terdiri dari 73 pintu. Pintu yang paling ringan seperti seorang laki-laki menikahi ibunya sendiri. (HR. Ibnu Majah dan Al-Hakim)